Monday, December 29, 2008

Cara menulis CV yang menarik perhatian

Anda sedang membuat lamaran kerja yang so powerful?

Di jaman sekarang, semua hal musti berkompetisi. Sekali Anda lewat,
peluang itu susah didapat kembali. Demikian juga Anda yang baru lulus sekolah atau sedang mencari kerja. Anda berkompetisi dengan ratusan pelamar kerja untuk mendapatkan 1 posisi. Apalagi perusahaan yang dituju adalah perusahaan besar.

Sama seperti Anda memilih seorang presiden, yang pertama kali Anda
lihat adalah kesan pertamanya. Banyak orang yang tidak kenal dengan SBY, tapi mereka memilihnya. Karena SBY berhasil meyakinkan banyak pihak bahwa dia pantas menjadi presiden.

Entah Anda berkarir dalam bidang apa, semua orang wajib melampirkan CV saat memperkenalkan dirinya, kecuali sudah sangat terkenal sekali macam Obama, Oprah, Osama, dll. Bahkan SBY pun harus menyerahkan CV-nya ke KPU saat mendaftar jadi presiden. Dan tidak peduli Anda membuat dalam bahasa apa, sangat penting bagi Anda semua untuk menulis sebuah CV yang bisa membuat pembaca untuk terus membacanya. Ada banyak buku yang sudah mengajarkan tentang menulis CV. Tapi, yang saat ini kita bahas, syarat dasar yang penting yang harus ada dalam CV Anda. Apa itu?

1. PASANG FOTO

Saya urutkan ini di nomor 1. 90% orang (baca: pihak perusahaan) akan
membaca CV kita dengan mencari fotonya dulu. Kalau Anda tidak
pasang/lampirkan foto di CV, berapa % Anda kehilangan peluang? Kalau
Anda jawab 90%, Anda salah! Karena yang 10% itu juga tidak tertarik
dengan CV Anda. Jadi CV Anda sudah pasti tidak akan dibaca dengan
serius oleh 100% yang membukanya. Akibatnya, Anda tidak akan
dipanggil-panggil untuk interview. Kecuali cuma Anda sendiri (tidak
ada orang lain) yang kirim CV ke perusahaan tsb hehe...

Syarat-syarat foto yang menarik:
- Pakailah jas gelap berdasi(pria) atu blazer (wanita).
- Jangan memakai singlet, T-shirt, atau kutang berwarna dalam kemeja
saat foto.
- Cuci dengan ukuran 4x6.
- Background warna biru muda atau putih adalah warna yang paling menarik.
- Tersenyum.
- Rambut yang rapi.
- Cuci dengan kertas glossy (yang tidak mengkilap).

Saya menemukan masih banyak orang yang mengirim CV tanpa foto.

2. HEADLINE YANG PENTING dan MENARIK

Poin yang harus ada di CV:
- Nama:
- Tanggal Lahir:
- Alamat:
- Telepon:
- Email:

Aturlah tulisan dengan design yang menarik. Beri warna sedikit pada tulisan headline, tidak usah terlalu norak dan terlalu banyak warna. Warna ini bertujuan untuk menarik perhatian orang. Warna emas adalah salah satu warna favorit saya hehe..

Jangan lupa, tulis nomor telepon dengan terpisah. Contoh, telepon 08121111171. Jika Anda menulis begini, siapa pun pusing membacanya. Penulisan telepon yang lebih baik adalah 0812 11 11 171. Pemisahan bertujuan membuat orang lebih enak membacanya.

3. ISI CV
- Jaman sekarang, CV dalam bahasa asing lebih unggul daripada bahasa Indonesia.
- Tulis singkat saja. Misal pengalaman kerja Anda: Thn 1990-2000 di PT Maju Kena Mundur Kepeleset Tbk sebagai Senior Marketing Supervisor. Anda tidak perlu menjabar semua tugas detil Anda di CV. Tugas detil dijelaskan saat Anda interview. Cukup tulis beberapa prestasi Anda saja di kolom Achievement.
- Jika Anda mengirim CV berupa file di email, satukan semua gambar-gambar ijazah, transkrip, dll ke 1 file, biasanya MS Word. Jadikan Word itu 4-5 halaman daripada pecah jadi 4-5 file. HRD tidak suka men-download terlalu banyak file.
- Menggunakan nama email yang bagus, bukan: cewe_cantik2001@ yahoo.com. Jadi cantiknya cuma tahun 2001 aja hehe. Paling bagus gunakan nama Anda. Email saya yang sekarang degaan36@yahoo. com sudah valid sejak tahun 1998 dan hanya untuk korespondensi antar teman dan informal, bukan untuk kepentingan bisnis. Untuk bisnis, ada lagi, misal alfonso@namaperusah aan.com
- Subject email yang tepat, misal: Jusuf Kalla CV. Jangan cuma: Hi, Halo, Numpang Tanya, CV, Lamaran.
- Pengalaman kerja yang kurang dari 6 bulan tidak usah ditulis. Ini membuktikan 2 hal: Anda orangnya tidak betah atau performance Anda kurang.
- Lampirkan bukti berupa foto, gambar, atau sertifikat penghargaan/ training yang pernah Anda dapat.

Dikutip dari milis everydaymandarin (everydaymandarin@yahoogroups.com)

No comments:

Post a Comment