Thursday, October 22, 2015

Perspektif: Kereta cepat China

Salah satu penampakkan kereta cepat Tiongkok.

Belakangan ramai dipergunjingkan perdebatan mengenai tender pengadaan kereta cepat Tiongkok vs Jepang. Terlepas dari perdebatan yang ada, berdasarkan pengalaman pribadi kereta ini memang terbilang nyaman, cepat, on time dan dikelola dengan baik.

Saya bukannya meninggi-ninggikan Tiongkok, tetapi memang setidaknya dalam kurun waktu 15 tahun terakhir, Tiongkok telah menjadi kekuatan dunia yang diperhitungkan. Teringat kajian skripsi saya sekitar 8 tahun lalu terkait Tiongkok. Sejak era Deng Xiaoping, Tiongkok telah mengalami lompatan besar dan mengalami apa yang dinamakannya "gaige-kaifang", yang artinya "reformasi dan keterbukaan". Hal ini bukan hanya slogan semata, melainkan hal nyata yang bisa kita lihat hasilnya sekarang.


Namun tidak dapat dipungkiri image yang melekat terhadap produk "made in China" identik dengan kualitas yang diragukan. Tapi perlu diketahui pula bahwa Tiongkok saat ini telah mampu menghasilkan produk mulai dari kualitas "KW-7", "KW super" hingga kualitas canggih dengan teknologi mutakhir.

No comments:

Post a Comment